Cara Diet Sehat Dengan Serat

Diet Sehat Dengan Serat Serat menjadi salah satu cara diet sehat yang ditempuh sebagian orang. Seperti kita ketahui serat banyak memiliki manfaat, satu hal yang paling sering kita dengar adalah memperlancar pencernaan. Serat banyak ditemukan pada buah-buahan, sayur-sayuran, biji-bijian dan kacang-kacangan. Yang dimaksud serat bukan seperti serat kasar yang terlihat mata. Jadi jangan berfikir bahwa serat hanya ditemukan pada makanan semacam buah mangga atau ubi. Berikut akan kami rangkumkan informasi tentang cara diet sehat dengan serat yang dihimpun dari berbagai sumber.

Sebelum membahas cara diet sehat dengan serat ada baiknya kita ketahui dahulu jenis-jenis serat pada makanan. Serat atau yang biasa disebut fibre dapat dikategorikan menjadi 2 bagian yaitu serat larut air dan serat tidak larut air. Lalu mana yang bermanfaat untuk program cara diet sehat? Berikut penjelasannya.

Serat Larut Air

Serat larut air merupakan bagian dari dinding sel tanaman. Serat ini dapat mudah larut dalam air panas. Pektin, gum, musilase, dan beberapa hemilselulosa termasuk dalam kategori serat ini. Serat larut air banyak terdapat pada buah-buahan seperti apel, jeruk , dan wortel juga ditemukan pada gandum, kacang, dan kacang polong. Serat larut air berpotensi meningkatkan  viskositas  isi usus, mempengaruhi metabolisme kolesterol, memperlambat penyerapan glukosa dan lipid oleh usus halus, serta meningkatkan produksi asam lemak rantai pendek dalam kolon (usus besar). Cara diet sehat sangat baik menggunakan serat larut karena dapat menurunkan kolesterol dan kadar glukosa dalam darah.

Serat Tidak Larut Air

Serat tidak larut air diantaranya adalah selulosa, lignin, dan beberapa hemilselulosa lain yang tidak larut dalam air. Serat ini banyak terdapat pada tepung gandum utuh, kacang-kacangan dan sayur-sayuran. Serat tidak larut air lebih berpengaruh terhadap fungsi usus besar seperti frekuensi pengeluaran feses, volume feses, berat feses dan laju transit dalam saluran pencernaan. Serat jenis inilah yang berguna untuk menghindari sembelit.

Serat juga bermanfaat untuk menurunkan resiko diabetes dan penyakit jantung. Cara diet sehat dengan menggunakan serat banyak memiliki manfaat seperti dikutip dari Mayoclinic antara lain:

  • Menormalkan gerakan usus
  • Menurunkan kadar kolesterol dalam darah
  • Membantu menjaga kesehatan usus
  • Membantu mengontrol kadar gula dalam darah
  • Membantu dalam penurunan berat badan

Demikian info tentang Cara Diet Sehat Dengan Serat sebagai tambahan tips kesehatan bagi anda, serta dapat menambah wawasan kita akan diet yang sehat dan alami. Semoga dapat bermanfaat, salam sehat selalu!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *